#ngemilbaca Eliana ~ Tere Liye

#ngemilbaca Eliana ~ Tere Liye




Wah, aku agak salah urutan nih membaca karyanya Tere Liye. Jadi agak-agak skimming juga pas baca Eliana. Soalnya habis baca Bumi-nya tere liye yang notabene gaya dan kecakapan menulisnya sudah lebih jauh dari yang sebelum sebelumnya, termasuk Eliana ini.

Tapi Eliana tentu saja lebih bagus dari novel daun itu. Di sini, setting lokal dan local wisdom-nya menjadi kekuatan. sehingga bukan sekedar drama keluarga saja, yang sepertinya memang menjadi voice utamanya tere liye. aku bisa merasakan bahwa tere liye punya misi besar untuk membangun karakter anak bangsa melalui novel-novelnya. sebuah upaya yang menginspirasiku juga, sehingga terus bersemangat untuk belajar menulis yang lebih baik dan lebih baik lagi.

Eliana ini adalah satu dari novel serinya Tere Liye. Si kakak sulung pemberani yang vokal dan bicara lamntang melawan tirani para kapitalis yang hendak mengeruk kekayaan alam desanya. Meski keluarga mereka miskin, tapi mereka punya 'harga diri' dan 'tidak bisa dibeli'

Menurutmu, apa yang membedakan Tere Liye dan Kang Habiburrahman El Shirazy  dalam hal menyuarakan 'idealisme' dalam novel-novel mereka?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi